Wednesday, July 15, 2015

#1VOICE4WOMEN

Sebagai seniman yang tampil di panggung, sebagai manajer band, eksekutif di label rekaman, maupun sebagai anggota keluarga yang seringkali jadi pendukung utama bagi karir seorang musisi, hari ini peran perempuan dalam industri musik sangat signifikan. Sayangnya, hampir semua perempuan-perempuan ini pernah mengalami berbagai bentuk seksisme dalam kesehariannya. Mulai dari eksploitasi, pelecehan, hingga marginalisasi dari rekan kerja maupun penggemarnya yang terjadi karena satu alasan: karena ia seorang perempuan. Begitu seringnya, hingga banyak di antara kita yang menjadi terbiasa dan kemudian melumrahkannya. Industri musik hanyalah sepotong kecil dari persoalan makro yang juga dialami semua perempuan, apapun profesinya; yaitu tidak adanya kesetaraan dalam lingkungan kerja.


#1Voice4Women adalah bagian pertama dari kampanye Bersama Project yang ingin mengkonfrontasi persoalan ketidakseteraan gender di lingkungan kerja. #1Voice4Women menyorot kehidupan dan pengalaman beberapa musisi profesional, mulai dari panggung hingga ke studio, untuk mencari tau apa tantangan yang dihadapi sebagian besar perempuan di lingkungan kerja.

#1Voice4Women menampilkan permainan live dan wawancara dari 4 grup musik yang digawangi perempuan musisi. Dalam video ini, mereka bukan hanya memberikan suara dalam lagu, tapi juga bersuara tentang pengalaman-pengalaman mereka menghadapi ketidaksetaraan gender serta perspektif mereka tentang bagaimana mewujudkan kesetaraan melalui musik

4 perempuan, 4 musisi, 1 suara untuk kesetaraan.

Disutradarai dan diproduseri oleh Flo Hadjon.

Menampilkan:
- Bonita & the husBAND
- Tika and the Dissidents
- Wonderbra
- Yacko 


No comments: