Friday, November 8, 2013

Review of The Experiment by FREEMAGZ

Thanks for the review Rio Pratama - FREEMAGZ! the original review can be read here

"Ada sesuatu yang berbeda ketika pertama kali mendengarkan album ini, Yacko tampil dengan suguhan musik yang boleh dibilang fresh untuk scene musik hip hop di Indonesia. Susah rasanya untuk menahan agar tidak mengganggukan kepala ketika mendengarkan album ini diputar track demi track. Rapper wanita yang pernah ikut meramaikan kompilasi spektakuler hip hop Indonesia yaitu Pesta Rap 2 pada tahun 1996 ini kembali dengan banyak kejutan yang menyenangkan dalam album terbarunya yang berjudul The Experiment. Dalam album terbarunya ini, Yacko seakan menunjukan kelasnya sebagai salah satu rapper dengan skill dan musikalitas serta selera sound yang lebih tinggi dari album-album sebelumnya.

Dirilis dibawah naungan 2313 Management, dalam album ini Anda seperti bisa mendengarkan Nicky Minaj, Missy Elliot, Dub a la Skrillex, sampai gubahan a la Calvin Harris. Menurut kami ini adalah sesuatu yang baru yang juga merupakan salah satu karya terbaik sepanjang karirnya sebagai musisi karena album ini terbilang unik dan berhasil memberikan warna baru pada scene musik hip hop lokal. Bekerjasama dengan banyak nama beken seperti Lawrence a.k.a Random, Male & Raben RVMIT, Maleakhi Simanjuntak, Heru Wahyono, Dmust Akira, Midnight Quickie, Electro Oby, Lloyd Popp, dan Mo Charizma album ini menawarkan sesuatu yang tidak bisa dibilang biasa kepada para pendengarnya. Menggabungkan berbagai macam sub genre seperti electro house, hip hop, bahkan dub dan drum and bass, The Experiment dari Yacko seperti membawa level hip hop ketingkat selanjutnya. Pun begitu, esensi hip hop Yacko yang selama ini terkenal dengan gayanya yang natural dan menohok tidak terlalu terlihat disini, tapi siapa peduli. Hey, bukankah perubahan dilakukan untuk sesuatu yang lebih baik bukan. Ini adalah sisi lain dari Yacko yang ternyata mampu memberikan sesuatu yang baru yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk musisi hip hop bertalenta lainnya yang ada di Indonesia.

Why you should listen to this album, karena bisa dibilang ini adalah level selanjutnya dari scene musik hip hop lokal, tanpa bermaksud subjektif album ini memang memberikan dan menawarkan sesuatu yang sebelumnya memang jarang ditemui dalam scene hip hop lokal. Sesuai dengan judulnya, album ini berisi 13 lagu eksperimantal dari Yacko yang bekerjasama dengan banyak musisi lain yang ternyata berhasil mengelaborasikan dan mengonversinya menjadi sesuatu yang terbilang luar biasa. Kami memberikan 3.5 bintang yang kami punya untuk album terbaru dari musisi wanita yang bernama asli Yani Oktaviana ini karena menurut kami berhasil memberikan sentuhan warna segar pada scene hip hop lokal. See you on pit, Yacko."

No comments: