Friday, November 2, 2012

My Thoughts & 3 Nominations for Brrapp! at ICEMA Karnaval Musik Indonesia 2012

Kemarin (1 November), gw dapat kabar dari suami kalo Yacko melalui lagu Brrapp! yang musiknya digarap oleh NSG dapat 3 nominasi di Indonesia Cutting Edge Music Awards (ICEMA) 2012. Tiga nominasi tersebut ada di kategori Best Hip Hop Song, Favorite Song, dan Favorite Solo Artist. Buat teman-teman yang suka lagu Brrapp! dan berkenan mendukung silahkan vote di sini http://www.icema.co.id/icema/vote/favorite-song-2012.html

Alhamdulillah! itu reaksi pertama gw saat dipercaya kembali masuk dalam ajang penghargaan yang diberikan sebagai apresiasi kepada musisi Indonesia yang memiliki semangat pembaharuan dalam menciptakan karya musik dengan bentuk-bentuk ekspresi baru, lewat penjelajahan musikal yang beraneka-ragam, sehingga menawarkan pilihan-pilihan baru akan karya musik berkualitas kepada publik di tengah dominasi musik mainstream (dikutip dari press release ICEMA).

Personally, gw mengartikan penghargaan ini sebagai kepercayaan dari teman-teman bahwa gw tetap mencoba berusaha untuk terus bereksplorasi, berekspresi dan konsisten di jalur musik gw.

Di kategori Best Hip Hop Song ICEMA 2012 ini gw bersanding dengan lagu-lagu dari bbrp kawan yang kebetulan sudah gw kenal, yaitu:
  1. Jogja Hip Hop Foundation - Jogja Istimewa
  2. Jalan Surabaya - Alam Maya
  3. Danger Dope - Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China
  4. Aljabar Feat. Adi Siswowidjono - Flattery
Kembali ke ICEMA 2010, dimana gw juga mendapat nominasi di Best Hip Hop Song. Gw sempat menuliskan kalimat sperti ini di blog gw " ICEMA2010 udah selesai.Yacko memang belum dikasi rejeki untuk menang, but dat's not d point. Yang penting ada hiphop category di ICEMA dan mudah2an bisa membuka jalan bagi temen2 emcee atau hiphop grup di Indonesia." Untuk post lebih lengkapnya ada di sini.

Yang gw bold di atas tentunya merupakan harapan gw untuk ICEMA berikutnya (ICEMA 2012). Namun terus terang terbersit ada rasa kecewa dan mungkin juga di beberapa teman pelaku hip hop, kenapa jumlah nominator yang masuk ada di kategori hip hop masih sedikit juga dan termasuk sedikit dibanding dengan kategori Folk, Hardcore, Rock, Indie Rock, Reggae dan bbrp kategori lain.

Memang gw bersyukur masih ada Hip Hop kategori yang muncul di ICEMA 2012 dan bukan gw tidak bersyukur dengan masuknya gw di kategori tersebut, tapi timbul tiga pertanyaan besar di benak gw:
  1. Apakah sangat sedikitkah materi-materi lagu hip hop yang dapat dikumpulkan komite ICEMA?
  2. Apakah sangat sedikitkah materi lagu hip-hop yang dikirimkan oleh pelaku-pelaku hip hop Indonesia dan diterima dengan komite ICEMA? 
  3. Apakah sedikitnya jumlah tersebut karena faktor kualitas materi dari lagu-lagunya sehingga pada saat tahap penyaringan sudah banyak yang gugur?
Seperti kalimat yang gw kutip dari press release ICEMA ini, "Pada tahap penyaringan, Komite ICEMA akan mengumpulkan materi lagu dari band-band yang meluncurkan karya di periode April 2010 hingga juli 2012. Materi yang terkumpul akan diseleksi oleh tim kategorisasi yang beranggotakan Wendi Putranto (Rolling Stone), Sandra Asteria (Trax FM jakarta), Eric Wiryanata (Deathrockstar.info), Denny Sakrie (Penulis dan Pengamat Musik) dan David Tarigan (Pengamat Budaya Kontemporer)."

Dikatakan di atas, Komite ICEMA akan mengumpulkan materi lagu. Kata mengumpulkan disini agak sedikit membingungkan buat gw. Apakah komite yang akan mengumpulkan dengan cara melakukan riset ke komunitas-komunitas ataukah pelaku-pelaku hip hopnya yang harus mengirimkan materi untuk diseleksi? Karena kalau komite yang melakukan riset dengan mampir sana sini, komunitas hip hop punya web community yang cukup besar dan punya berita-berita rilisan yang sangat up-to-date dan juga lengkap dengan materi yang bisa diputar plus youtube video, yaitu www.hiphopindo.net dan www.hiphopheroes.net. Di dua website tersebut komite bisa memilih materi-materi untuk disaring lebih lanjut.

Apabila musisi-musisinya lah yang harus mengirimkan materi, tentu saja musisi2nya yang harus lebih aktif mencari informasi tentang ICEMA dan mengirimkan materi-materi mereka disertai profil dan contact person yang lengkap. Tapi mungkin untuk menghindari sedikitnya materi terkirim, ICEMA bisa membantu untuk mengkomunikasikan proses penyaringan dan mengundang musisi-musisinya untuk mengirimkan materi. Salah satunya dengan cara bekerjasama dan menaruh press release di kedua web community tersebut di atas.

Kalau faktor kualitas, terus terang gw sangat bangga dengan kemajuan hip-hop lokal. Karena dari periode April 2010 hingga juli 2012, banyak sekali rilisan-rilisan materi hip hop dari berbagai macam propinsi dengan kualitas baik. Kualitas materi yang gw maksud disini adalah mulai dari lirik hingga musik hingga clip lengkap hingga karakter masing2. Tidak cuma bercerita ttg pelek mobil mengkilat atau bling-bling. Beberapa contoh di antaranya adalah Wizzow (1SME), Pandji (Merdesa), Kojek (Betawi Punya Rapper), Lady Gan feat. Arvisco (Headbanging), Mack G (Yang Mana), Optimuzt (Rhythm Therapy), Niska, Hip Hop NAD Syndicate, Dia Lo Gue, Gandiholic, 8Ball, Willy Winarko, Endru March, SOUL ID, Saykoji, Native, Kozzi, Lil Gucci, Eyefeelsix, DULE, RUNBDG movement, dan masi banyak lagi yang belum saya sebutkan

Bukan maksud gw mempertanyakan kriteria apa saja yang jadi faktor penyeleksi, tapi gw yakin paling tidak ada satu atau dua nama di atas yang pantas dinominasikan di Best Hip Hop Song. Apalagi bila dikaitkan dengan misi ICEMA yaitu penjelajahan musikal yang beraneka-ragam, dengan karakter hip hop lokal yang berbeda satu sama lain, gw rasa jumlah nominator dalam kategori tersebut dapat bertambah.

Sekali lagi tulisan ini gw post bukan gw tidak bersyukur dengan dinominasikannya gw dan tetap munculnya kategori Hip Hop di ICEMA 2012 atau memandang remeh nominator2 lainnya atau mendiskreditkan siapapun, tapi lebih semata karena harapan gw belum tercapai. Mudah-mudahan pikiran gw bisa dilihat sebagai masukan untuk ICEMA dan juga pelaku-pelaku hip hop Indonesia sendiri.

Much Love & Respect!

No comments: